Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Kelas Inspirasi

  • Rabu, 02 Mei 2012
  • wisazi
  • Label: ,



  • 25 April 2012, our special day and special moment. 

    Pada hari itu kami menjadi relawan dokumentasi untuk kegiatan Kelas Inspirasi, salah satu program gerakan Indonesia Mengajar yang diadakan serentak di 25 SD Negeri di Jakarta. Sebanyak 200 pengajar dengan berbagai latar belakang profesi – pilot, jurnalis, design lighting, vice president bank swasta, CEO Perusahaan terkemuka, dll – menjadi relawan dan berbagi pengalaman menebarkan inspirasi kepada anak-anak.

    Kami mendapat bagian di SDN Cilandak Barat 19 pagi. Secara fisik gedung sekolah cukup bagus, tapi secara fasilitas masih banyak kekurangan. Padahal SD ini letaknya persis di belakang Sekolah High Scope Indonesia, terus kalau kita jalan keluar gang kita bakal ketemu sama gedung-gedung perkantoran besar, tau kan sepanjang jalan TB. Simatupang arah fatmawati banyak perusahaan gede. Tapi sayang, nasib SD Negeri ini tidak banyak mendapat perhatian. Menurut Ibu Sartini, Kepala Sekolah SDN Cilandak Barat 19 Pagi, sekolah ini pernah mendapat bantuan dari High Scope berupa komputer, tapi itupun nggak bertahan lama. Malah laboratorium komputer sudah alih fungsi menjadi gudang penyimpanan barang. 

    Jumlah muridnya pun nggak banyak, hanya terbatas pada anak-anak yang tinggal di daerah dekat sekolah. Malah murid kelas 2 hanya ada 13 siswa. Kalau siang gedung ini dipakai sama murid-murid SMK PGRI. Gedung sekolah multi fungsi, pagi untuk sekolah dasar siang untuk sekolah menengah atas. 

    Ketika mendengarkan pengajar berceloteh, murid-murid antusias banget, ada yang berebutan duduk di bangku tengah paling depan, ada yang sampe naik ke kursi, duduk di meja, ada yang berebutan jawab. Menyenangkan melihat binar mata mereka. 

    Ah, dunia anak-anak itu memang indah. Melihat tawa mereka, tingkah laku jail dan kadang ada pertengkaran kecil, bikin lupa diri sama segala macam masalah yang ada di luar sana. Andai hidup sesederhana yang mereka rasa. Kelak mereka akan jadi penerus bangsa yang amanah. Apapun latar belakang keluarga dan ekonomi, siapapun bisa menjadi orang hebat dan bermanfaat untuk sesama. 

    Wahai generasi penerus, gapailah cita-cita setinggi langit. Mau jadi pilot? Bisa! Mau jadi dokter? Bisa!! Apapun, jadilah pemimpin yang jujur. Kalianlah harapan kami kelak. 

    Selamat Hari Pendidikan Nasional



     













    Foto: Wisnu Hari Santoso dan Azizah
    Teks: Azizah


    1 komentar:

    akanglenovo mengatakan...

    Dan sekolah itu pun sekarang sudah tidak ada, karena murid-muridnya sedikit jadi terkena likuidaksi.

    Posting Komentar

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...